Lomba Literasi tahun 2017

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

KABUPATEN KUNINGAN

 

Visi dan Misi

 

‘TERWUJUDNYA MASYARAKAT KABUPATEN KUNINGAN GEMAR MEMBACA PADA TAHUN 2018 ”

 

1.    Meningkatkan Sumber Daya Manusia,  melengkapi sarana dan prasarana Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat;

2.    Meningkatkan kerjasama dan membangun komunikasi dengan berbagai pihak dalam rangka menumbuh kembangkan perpustakaan-perpustakaan di Kabupaten Kuningan;

3.    Meningkatkan minat baca masyarakat melalaui Pembinaan Perpustakaan,  Publikasi, Promosi dan Sosialisasi,  kegiatan lomba dan Pelayanan Perpustakaan Keliling.

 

 

 

LITERASI

 

Membaca-menulis (literasi) merupakan salah satu aktifitas penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Tidak berlebihan kiranya Farr (1984) menyebut bahwa “Reading is the heart of education”. Bagi masyarakat muslim, pentingnya literasi ditekankan dalam wahyu pertama Allah kepada Nabi Muhammad SAW, yakni perintah membaca (IQRA’) yang dilanjutkan dengan ‘mendidik melalui literasi’ (‘ALLAMA BIL QALAM).

 

UNESCO (1996) mencanangkan empat prinsip belajar abad 21, yakni:

(1)  Learning to think (belajar berpikir)

(2)  Learning to do (belajar berbuat)

(3)  Learning to be (belajar)

(4)  Learning to live together (belajar hidup bersama)

Keempat pilar prinsip pembelajaran ini sepenuhnya didasarkan pada kemampuan literasi (Literary skills).

 

PISA  mendefinisikan  bahwa  literasi  sains  adalah  kemampuan  menggunakan pengetahuan  sains,  mengidentifikasi  pertanyaan,  dan  menarik  kesimpulan berdasarkan  bukti-bukti  dalam  rangka  memahami  karakteristik  sains  sebagai penyelidikan  ilmiah,  kesadaran  akan  betapa  sains  dan  teknologi  membentuk lingkungan material, intelektual dan budaya, serta keinginan untuk terlibat dalam isi-isu  terkait  sains  sebagai  manusia  yang  reflektif.  Literasi  sains  juga didefinisikan sebagai  pengetahuan, nilai-nilai dan kemampuan siswa saat ini yang dihubungkan dengan kebutuhan masa yang akan datang   (PISA, 2006:23).