LOMBA PERPUSDES TH 2020

Perpustakaan adalah suatu tempat terkumpulnya koleksi maupun informasi baik dalam bentuk tercetak, audio visual maupun dalam bentuk elektronik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Perpustakaan yang besar, letaknya strategis, koleksinya lengkap dan mutakhir, namun kurang diminati oleh pengguna/ pemustaka hal ini perlu dicermati mengapa demikian. Dengan sedikitnya pemustaka yang memanfaatkan koleksi/ informasi yang tersedia di perpustakaan tersebut, perlu dievaluasi penyebabnya. Perpustakaan sebagai mengemban fungsi pendidikan untuk menunjang kebutuhan pemustaka di lingkungan Desa / Kelurahan, fungsi informasi untuk membekali masyarakat dengan ketrampilan mencari, mengolah dan mengevaluasi informasi, fungsi pengembangan pribadi dan watak serta fungsi penelitian dan rekreasi. Secara umum pengertian perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memiliki koleksi bahan yang akan dikeloladan diatur secara sistematis dengan cara tertentu, untuk digunakan secara terus menerus oleh pemakainya sebagai sumber informasi

Mengingat begitu banyaknya fungsi perpustakaan Desa / Kelurahan dan kedudukan perpustakaan sebagai bagian integral dari pemerintah untuk mendukung proses pendidikan non formal di lingkungan . Dalam rangka mengoptimalkan peranan perpustakaan khususnya dalam meningkatkan minat kunjungdan minat baca, perpustakaan harus melakukan kegiatan kegiatan perpustakaan yang menarik. lomba perpustakaan pada dasarnya merupakan ajang ekplorasi baik pengelolaan dengan tujuan utama memberikan informasi tentang produk atau jasa yang disediakan oleh perpustakaanserta mendapatkan impact bagi masyarakat. Hasil dari lomba adalah tumbuhnya kesadaran sampai tindakan untuk memanfaatakanya.

Maksud       

Diselenggarakannya Kegiatan Lomba Perpustakaan Desa / Kelurahan ini adalah :

  • Untuk memotivasi pengelola perpustakaan Desa / Kelurahan.
  • Untuk tercipatanya Layanan Perpustakaan Desa / Kelurahan yang Standar Nasional kepada masyarakat.

 

Tujuan

Diselenggarakan lomba perpustakaan Desa / Kelurahan ini adalah:

  • Untuk memberikan layanan dan informasi produk serta jasa perpustakaan Desa / Kelurahan dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan
  • Untuk lebih memberikan kepusaan kepada para pemustaka melalui kegiatan kegiatan pelibatan masyarakat di perpustakaan.

Target/ sasaran yang ingin dicapai terkait dengan kegiatan lomba perpustakaan desa / kelurahan adalah  melalui lomba perpustakaan maka akan terpenuhinya kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan desa / kelurahan. Berikut kecamatan yang ada di kabupaten kuningan dalam lingkup penyebaran lomba perpustakaan :

 

NO

KECAMATAN

NO

KECAMATAN

1

Ciawigebang

17

Japara

2

Cibeureum

18

Kadugede

3

Cibingbin

19

Kalimanggis

4

Cidahu

20

Karangkancana

5

Cigandamekar

21

Kramatmulya

6

Cigugur

22

Kuningan

7

Cilebak

23

Lebakwangi

8

Cilimus

24

Luragung

9

Cimahi

25

Maleber

10

Ciniru

26

Mandirancan

11

Cipicung

27

Nusaherang

12

Ciwaru

28

Pancalang

13

Darma

29

Pasawahan

14

Garawangi

30

Selajambe

15

Hantara

31

Sindangagung

16

Jalaksana

32

Subang

 

Direncanakan waktu pelaksanaan kegiatan lomba perpustakaan desa / kelurahan yaitu  mulai  bulan Agustus - September 2020.

 

No

Kegiatan

Bulan

Ket

Agustus

September

Oktober

 

1

Persiapan Administrasi dan perlengkapan Kegiatan Lomba

v

 

 

 

2

Pendaftaran peserta lomba

v

 

 

 

3

Verifikasi berkas peserta

v

v

 

 

4

Penilaian lomba

 

v

 

 

4

Pelaporan Kegiatan

 

v

v

 

 

Adapun tahapan pelaksanaan, meliputi :

 

  1. Penyebaran juknis dan formulir pendaftaran lomba perpustakaan melalui masing – masing kecamatan di kabupaten kuningan. Panitia mengupload juknis lomba dan formulir lomba pada website dinas.
  2. Penerimaan berkas peserta lomba dikumpulkan disekretariat lomba dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi kelengkapan peserta lomba.
  3. Panitia dan tim juri akan melakukan visitasi lapangan kepada setiap peserta lomba.
  4. Tim juri merekap hasi nilai visitasi dan mengambil 3 (tiga) terbaik sebagai juara 1, juara 2, juara 3.
  5. Pengumuman pemenang dilaksanakan di sekretariat lomba (peserta dikumpulkan) serta melalui surat resmi dari dinas dan diumumkan pada website dinas.

Contac Person :

wawan hermawan - 085321850265 - 082128955601

jaenal gopur - 081324974911

 

dokumen intrumen dan pedoman lomba dapat di download di laman berikut :