Lomba Perpustakaan Desa / Kelurahan

LOMBA PERPUSTAKAAN DESA / KELURAHAN

TAHUN 2017

 

 

Desa/Kelurahan dalam sistem pemerintahan kita merupakan unit organisasi pemerintahah yang terkecil. Berdasarkan data wilayah Kabupaten Kuningan terbagi menjadi 32 Kecamatan, terdiri dari 15 kelurahan dan 367 desa, dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.129.233 jiwa. Dari jumlah tersebut sekitar 75% berada di pedesaan dan 25% di Kelurahan.

Besarnya jumlah penduduk pedesaan merupakan modal dasar pembangunan. Untuk itu penduduk pedesaan perlu dibina sebaik-baiknya, sehingga akhirnya dapat menjadi sumber daya manusia potensial yang cerdas. Salah satu sarana yang dilakukan pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah dengan mendayagunakan perpustakaan.

Diharapkan melalui Perpustakaan Desa/Kelurahan masyarakat desa lebih didekatkan pada sistem layanan informasi guna meningkatkan minat baca dan kemampuan diri melalui sumber belajar dan informasi yang tersedia. Untuk itu perlu dilakukan upaya pengelolaan perpustakaan yang baik.

Pengelolaan perpustakaan yang baik akan mendukung terwujudnya masyarakat yang cerdas dan gemar membaca. Berdasarkan pada latar belakang tersebutlah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan mengadakan Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Kuningan.

Materi pokok yang dijadikan unsur penilaian antara lain : Organisasi Perpustakaan, Gedung/Ruang Perpustakaan, Sarana dan Prasarana, Tenaga Pengelola, Koleksi Perpustakaan, Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan, Promosi, Kerjasama Perpustakaan, Anggaran Perpustakaan dan Kegiatan Pendukung.

Selanjutnya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan melalui Bidang Perpustakaan akan melakukan verifikasi peserta lomba kepada peserta lomba yang masuk ke 10 besar setelah dilakukan kunjungan ke lapangan akan ditetapkan kejuaraan yang akan diberitahukan kemudian dan untuk para juara akan diberikan hadiah berupa Piala, Piagam dan uang Pembinaan .