PEKAN CERIA BERSAMA KADOKU

 

Storytelling adalah sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog. Kalau di film, para film maker bersenjatakan kamera; di komik, para komikus bersenjatakan gambar dan angle cerita; di cerpen atau novel, para penulis bersenjatakan pena, diksi, dan permainan kata serta deskripsi, dengan menyampaikan sebuah cerita dengan cara mendongeng.

Storytelling menggunakan kemampuan penyaji untuk menyampaikan sebuah cerita dengan gaya, intonasi, dan alat bantu yang menarik minat pendengar. Storytelling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak. Teknik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan.

Orang yang ingin menyampaikan storytelling harus mempunyai kemampuan public speaking yang baik, memahami karakter pendengar, meniru suara-suara, pintar mengatur nada dan intonasi serta keterampilan memakai alat bantu. Dikatakan berhasil menggunakan teknik storytelling, jika pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh. Dikatakan berhasil saat pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh.

Kemampuan ini sangat langka di miliki oleh orang lain yang tidak mempunyai ilmu Storytelling, Alhamdulillah di Kuningan ada komunitas kampung dongeng yang beralamat di Cilimus yang telah banyak berkiprah di dunia dongeng terutama mampuh memeriahkan dan menghibur anak anak TK/PAUD di Kabupaten Kuningan

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan telah melaksanakan PEKAN CERIA yang bekerjasama dengan Kampung Dongeng Kuningan ( KADOKU ) pada hari Sabtu, 2 Pebruari 2019 bertempat di Area Gazebo Baca Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan Jalan Siliwangi Depan SMPN 1 Kuningan diikuti oleh  sebanyak 50 orang TK/PAUD sekitar kota kuningan dengan gratiss...

Sumber :  Pustakawan Kuningan