Lomba Bercerita Tingkat Kab.Kuningan 2020

LOMBA BERCERITA/BERTUTUR

BAGI SISWA SD/MI TINGKAT KABUPATEN KUNINGAN

TAHUN 2020

 

Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan (formal, informal & nonformal), dan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas, dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan di era ekonomi global. Undang undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Bab XIII pasa 48 ayat (1) mengisyaratkan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu melalui keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Pembudayaan kegemaran membaca pada satuan pendidikan pembudayaan ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis, dan komunikatif. Penanganan tidak cukup hanya oleh guru atau komunitas di sekolah. Peran orang tua, masyarakat lingkungan, pemerintah dan lembaga swasta peduli juga merupakan faktor penting. Karena itu, pemikiran dan tindakan “gerak langkah yang kompak dan sinergis antara lembaga pendidikan, orang tua, masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan”.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan sebagai  lembaga pemerintah yang diberi amanat untuk melakukan tugas pemerintahan (atau membina dalam) bidang perpustakaan, pada kesempatan ini dan untuk hal ini menyelenggarakan kegiatan lomba bercerita khusus untuk anak – anak SD/MI. kebijakan ini sebagai bentuk pola pemberian apresiasi dan motivasi pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur satuan pendidikan tingkat awal. Tentunya pola apresiasi ini akan dikembangkan dan ditingkatkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan pada tahun – tahun yang akan datang, baik melalui jalur sekolah, jalur masyarakat peduli, jalur lembaga pemerintah, dan jalur – jalur lainnya. Pada prinsipnya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan menghargai semua pihak yang peduli mempelopori dan melakukan berbagai upaya demi terbangunnya budaya kegemaran membaca. Keberhasilan gerakan pembudayaan membaca dapat dicapai secara nasional, dengan melibatkan peran serta semua komponen bangsa baik di tingkat pusat maupun daerah, baik anak–anak, remaja hingga orang tua.

Pesan melalui “Tradisi lisan” yang merupakan salah satu asset asli Indonesia seperti legenda, mitos, fable, dongeng, epos dan sejarah sebagian sudah diabadikan dalam bentuk tulisan. Tulisan ini sebagian besar sudah menjadi koleksi perpustakaan, contoh : Cerita si Leungli, Sangkuriang, sakadang kuya jeung sakadang monyet ngala cau, dan sebagainya. Cerita–cerita semacam ini bila diangkat kembali dapat membangkitkan cinta anak terhadap budaya daerah (budaya lokal). Melalui cerita rakyat nusantara yang dikemas dan dipentaskan secara baik dan indah akan menumbuhkan rasa kekaguman kepada khasanah kekayaan budaya bangsa, yang pada gilirannya akan menumbuhkan rasa menghormati, rasa bersatu padu dalam ikatan kebangsaan yaitu bangsa Indonesia.

Dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca di Tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan melestarikan aneka budaya daerah (lokal) serta serta membangun rasa menghargai dan menghormati  perbedaan suku, budaya, seni dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa,  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan pada Tahun 2020 akan  melaksanakan Lomba Bercerita/Dongeng Bagi Siswa SD/MI baik negeri maupun swasta Tingkat Kabupaten Kuningan.